Senin, 14 April 2014

TATA PENGGUNAAN ARTISTIK PANGGUN DALAM TALKSHOW MODEREN



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

Setiap perogram acara di televisi pasti memerlukan tata artistik, tata artistik di desain sedemikian rupa, sehingga terlihat sangat menarik, penataan artistik ini sangat penting hubungannya dengan suatu tema program acara dalam perogram televisi. Jika tata artistik tidak di persiapkan dengan matang tentu acara akan terlihat kurang menarik. Tata artistik ini juga merupakan salah satu pengikat  daya tarik suatu perogram acara baik musik show, talkshow maupun news.
Dalam hal ini saya akan lebih membahas tentang tata artistik dalam sebuah talkshow moderen karena dilihat dari penataan artistiknya yang menata dalam sebuar ruang yang menjadikan dekorasi menjadi lebih elegan.
Memalui karyatulis yang saya buat ini saya berharap dapat bermanfaat hususnya bagi diri saya sendiri serta bagi orang-orang yang membacanya, dan semoga karya tata artisti ini bermanfaat untuk kemudian hari.

1.2  Rumusan Masalah

Bagaimanakah tata artistik panggung dalam sebuah talkshow moderen?
Apakah yang membedakan dengan tata artistik lainnya ?

1.3  Tujuan

Pembahasan karya tulis ini bertujuan untuk :
Mendeskripsikan pengertian tata artistik
Menaganalisis tata artistik panggung dalam sebuah talkshow
Mengetahui kesulitan dalam menata artistik sebuah talkshow moderen



BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian Artistik
Artistik dalam kamus besar bahasa indonesia adalah yang berkitan dengan seni atau memiliki nilai seni, namun secara garis besar artistik adalah sesuatu hal yang memiliki citarasa keindahan yang mampu menarik perhatian bagi siapa yang melihat dan menikmatinya. Artistik juga bisa di artikan sebagai penyempurna sesuatu yang sudah ada menjadi lebih berseni.

Tata Artistik Televisi
            Tata artistik adalah merancang, mendesign, kreator, dari suatu naskah atau skenario yang telah di buat, hingga menjadi sebuah rancangan yang menjadi satu kesatuan yang indah serta enak untuk di pandang serta di nikmati. Sedangkan Artistik kaitannya dengan televisi adalah segala sesuatu, baik teknik maupun pemahaman yang terdapat dalam suatu kegiatan pengkomposisian dekorasi suatu program acara dengan tujuan diperoleh nilai-nilai estetis atau keindahan. Tata artistik televisi juga adalah bagian dari kru televisi, di beberapa stasiun televisi, Tata Artistik masuk ke dalam Departemen Artistik atau Art Departement. Walaupun pekerja penata artistik terlihat agak sepele namun memiliki peran yang sangat besar dalam kelancaran suatu perogram acara.

Fungsi dan Tugas Penata Artistik
Fungsi tata artistik mencakup hal hal sebagai berikut:
1. Mendukung penamoilan artis atau memperkuat karakter tokoh
2. Membentuk suasana : siang hari, mlam hari, semarak, indah (art)
3. Menambah kuat karakter tokoh
            Dengan melihat sifat kegiatan dan orientasi nya maka dapat didefinisikan bahwa tata artistic adalah : perencanaan, pelaksanaan, pengadaan lingkungan fisik dari sebuah paket produksi (dekorasi, property, kostum dll)

Tugas Penata Artistik
            Tugas utama bagi penata artistic pertama-tama adalah memvisualisasikan konsep yang terdapat dalam naskah/ scenario. Seorang penata artistic ( art director) dituntut mampu memahami dan menguasai setiap area yang berbeda dari produksi acara. Secara mutlak harus menguasai bidang-bidang yang berkaitan dengan tata artistic, antara lain :
Dekorasi, Property, Make up, Kostum, Grafis, Effect.

Program Talkshow
            Merupakan sebuah format televisi dalam menampilkan sebuah wacana yang bertema “srius” namun Definisi talk show menurut Farlex (2005) dalam The Free Dictionary : A television or radio show in which noted people, such us authorities in a particular field, participate in discussion or are interviewed and often answer question from viewers or listeners. (Sebuah acara televisi atau radio, yang mana orang terkemuka, seperti seorang ahli dalam bidang tertentu, berpartisipasi dalam diskusi atau diwawancarai dan kadangkala menjawab pertanyaan dari pemirsa atau pendengar).

Peran Tata Artistik dalam sebuat talkshow
            Peran terkait penataan artistik dalam panggung talkshow di desain sedemikian rupa, sesuai tema. Membuat desain panggung yang sesuai dengan tema serta menata segala sesuatu yang ada dalam ruangan, agar pandangan penonton tidak berpaling ke lain arah, Namu ada juga talkshow yang tayang setiap hari bahkan setip seminggu sekali namun penataan artistiknya tidak berubah. Di karenakan tema atau atau gaya penyampaian dalam talkshow tidak berubah ubah. Namun kadang berubah pada event-event besar seperti hari raya. Untuk tata artistik ini biasanya di gunakan penataan artistik yang cenderung permanen.
            Satu tips yang bisa digunakan untuk Talk Show adalah Concentrate on Screen Direction. Banyak para Produser dan Sutradara yang tidak memperhatikan betapa pentingnya sebuah Screen Direction dari Host dan Guest Talk. Padahal, teknik ini sangat mudah untuk menambah kekayaan pada visual tanpa mempengaruhi content dari script. Lalu langkah2x untuk memadukan Screen Direction dengan arah pandang gambar dalam produksi multi kamera adalah:
1. Posisikan blocking kamera tanpa melewati Garis Imajiner.
2. Perhatikan arah pandang penonton dengan memotong sudut blocking 180 derajat.
3. Cut-Away = Expression Shot minimal 3 detik.
4. Selalu memperhatikan emosi lawan bicara pada saat berbincang.
5. Gunakan Creative Shot seperti Over Shoulder, Very Close Up dan Panning.
6. Tag to Monitor, bila ada footages atau video diputar untuk insert atau cut away,
usahakan Host dan Guest mempunyai arah pandang yang berlawanan pada layar monitor.

Setting Dan Properti
            Dalam sebuah talkshow biasanya setting yang di gunakan lebih CASUAL, yang menghadirkan visual seperti di cafe cafe, dan ruang tamu, arsitekturnya lebih simple namun agak berkesan mewah, karena kemewahan inilah yang bisa menjadi daya tarik  perogram talkshow tersebut.
            Dalam satu setting ruang talkshow biasanya terdapat tempat yang di kususkan untuk pemusik. Karena di setiap talkshow pasti terdapat iringan musik yang menjadi ke khasan dalam pembawaan acara talkshow tersebut. Pemberian tempat untuk pemusik biasanya tidak terlalu banyak memakai area ruang dalam talkshow, hal ini di karenakan pemusik hanyalah sebuah setting tambahan dalam talkshow, kecuali program talkshow tersebut memang ber gendre musik. 
            Untuk properti yang umum di gunaka di dalam talkshow biasanya berupa sofa, meja, karpet, lukisan dinding, satu set alat musik, dan LCD TV yang biasanya di gunakan untuk menayangkan acara yang sedang di record dan juga untuk menayangkan Judul program serta untuk menayangkan Bumper In dan Bumper Out Program dalam acara talkshow.



BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
            Perogram acara talkshow merupakan perogram acara televisi yang biasanya menggunakan tata artistik yang megah dan mewah, karena konsep di dalam talkshow biasanya mengarah kepada gaya hidup moderen. Penataan artistik panggung dalam sebuah talkshow biasanya terlampau sederhana, namun penataan artistik yang sesuai dengan tema serta pembawaan acara talkshow, yang penjadi pekerjaan yang cukup sulit untuk membentuk suatu karakter atau ciri khas tersendiri dalam sebuah talkshow.
            Pembentukan karakter dan cirikhas inilah yang menjadi harga mati suati penata artistik dalam sebuah program acara televisi. Sehingga tidak main main, penataan artistik sangat berperan penting dalam suksesnya suatu perogram acara televisi.
Keritik Dan Saran
            Setiap manusia tidak luput dari kesalahan, dan jika dalam karya tulis ini terdapat kesalahan kesalahan, mohon di perbaiki. Dalam hal ini saya membutuhkan keritik dan saran untuk karya tulis ini, agar lebih sempurna. 
Sumber:
            Di ambil dari beeberapa sumber di internet sebagai acuan materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar